Budidaya kambing kacang secara sederhana

Budidaya kambing kacang dengan cara sederhana. Bila Anda orang jawa, kurang pas bila belum mengenal mengenai usaha ternak. Sebuah usaha yang sudah mendarah daging bagi masyarakat di jawa, begitu pula dengan ternak kambing.

Budidaya kambing kacang secara sederhana

Ternak kambing adalah pekerjaan yang membutuhkan usaha keras untuk bisa bersaing di pasar sekarang ini. Ini bisa tercapai keseimbangan antara pedagang peternak bila dilakukan dengan cara yang benar. Baik dari internal budidaya hingga urusan pemasaran yang langsung bersentuhan dengan pasar.

Budidaya kambing kacang sederhana dan mudah

Budidaya kambing kacang sederhana dan sangatlah mudah. Seperti yang kami singgung di depan bahwa para pendahulu kita sudah pandai dalam budidaya, terutama kambing kacang. Belajar dari pengalaman langsung atau bisa pula dari refrensi tertulis dari buku.

Dengan bertanya kepada masyarakat disekitar kita, merupakan langkah yang mudah. Berikut poin – poin penting dalam budidaya ‘ kacang ‘. Semoga bisa sedikit menjadi gambaran, walaupun dengan langsung terjun adalah yang terbaik.

Budidaya kambing adalah simpel, apalagi tersedianya sumber makanan yang melimpah disekitar kita. Daun dari berbagai jenis tanaman bisa Anda manfaatkan sebagai pakan kambing, namun Anda juga harus memperhatikan jenis daun apa saja yang menjadi makanan kesukaan kambing. Menurut pengalaman kami jenis tanaman yang menjadi makanan favorit kambing adalah lamtoro, nangka dan tanaman jenis rumput sebagai misal rumput kolonjono.

Selain poin diatas perlu untuk diperhatikan adalah pencegahan penyakit. Kebersihan kandang merupakan faktor yang mempengaruhi kesehan budidaya kambing kacang. Usahakan sebelum diternak, berikan obat cacing atau albendasol dengan dosis yang dianjurkan.

Dan yang terakhir adalah masalah pemasaran hasil ternak. Daging Kambing kacang biasa diminati oleh para pedagang sate. Selain rasanya yang gurih, tekstur dagingnya juga khas, tidak dimiliki jenis lain.

Pakan, penyakit dan pemasaran merupakan hal yang perlu diperhatikan. Ketiganya bisa berkembang kepada faktor lain seperti jenis bibit yang berkualitas. Untuk tambah yakin dalam beternak kambing atau domba bisa langsung praktek. Dengan membeli seekor kambing dengan harga yang terjangkau, kemudian diamati dan terus dipelajari. Karena inilah langkah bijak dalam meniti sebuah usaha.

3 pemikiran pada “Budidaya kambing kacang secara sederhana

  1. BAGAIMANA pemasarannya, agar dapat lancar.misalnya penggemukan. 3 bulan panen ada yang menampung. mungkin memelihara mudah, tapi pemasran. sebab lama tidak terjual, rugi pakan dan tenaga. terima kasih solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *