Kambing ternak untuk tahap penggemukan sederhana

Kambing ternak untuk tahap penggemukan sederhana. Untuk menghasilkan daging berkualitas serta kuantitas yang efektif diperlukan usaha yang ekstra. Terkhusus dalam urusan budidaya, butuh keahlian dan tekad yang kuat dalam ternak kambing.

Kambing ternak pilihan

Kambing ternak pilihan masyarakat Indonesia. Sebagai penduduk bangsa Indonesia, mencintai produk lokal merupakan kebanggaan tersendiri. Tak luput diantaranya memelihara kambing dari jenis yang dihasilkan masyarakat kita. Kambing jawa merupakan salah satu produk lokal yang seharusnya kita lestarikan.

Kambing kacang adalah ras unggul kambing yang pertama kali dikembangkan di Indonesia. Badannya kecil. Tinggi gumba pada yang jantan 60 sentimeter hingga 65 sentimeter, sedangkan yang betina 56 sentimeter. Bobot pada yang jantan bisa mencapai 25 kilogram, sedang yang betina seberat 20 kilogram. Telinganya tegak, berrambut lurus dan pendek. Baik betina maupun yang jantan memiliki dua tanduk yang pendek.

Kambing ternak untuk tahap penggemukan sederhana

Kambing kacang menjadi keunggulan tanah jawa. Mudah dibudidayakan serta memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Menjadi kebanggaan tersendiri untuk ternak kambing kacang bagi kami. Selain menyediakan bibit kambing kacang, kami berusaha ikut ternak kambing kacang penggemukan.

Urusan pakan merupakan faktor penentu keberhasilan kambing ternak. Pemberian makanan kambing perlu di atur sedemikian rupa agar kebutuhan gizi kambing tercukupi. Pada dasarnya makanan ternak kambing terbagi menjadi dua yaitu makanan hijauan dan konsentrat. Makanan hijau adalah makanan yang berasal dari daun tumbuh-tumbuhan baik yang tersedia di alam atau sengaja dibudidayakan. Sedangkan makanan konsentrat adalah makanan yang berasal dari dedak atau bekatul.

Makanan yang berasal dari alam adalah makanan yang terbaik untuk kambing, makanan itu bisa berupa rumput atau tumbuhan budidaya seperti rumput setaria, clitoria ternatea, brachiaria, azolla microphila maupun rumput kolondjono. Atau Anda bisa memanfaatkan limbah dari pertanian yang bisa dijadikan salah satu alternatif makanan kambing. Selain itu pakan kambing yang menjadi sumber protein bagi pertumbuhan kambing di antaranya daun kacang panjang, daun kacang tanah, daun gamal, daun kedelai, daun lamtoro, daun turi, dan daun kaliandra.

Kami menyarankan Anda memiliki lahan untuk budidaya rumput kolondono atau azolla. Kedua jenis tanaman tersebut mudah dibudidayakan, selain mudah mendapatkannya. Karena pada musim kemarau, Anda bisa mengandalkan kedua jenis tanaman diatas. Membudidayakan rumput kolondjono merupakan bentuk kemandirian sebagai pengusaha ternak kambing, Walaupun ini menurut kami. Barokallohufiik…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *