Ternak Domba untuk penggemukan

Ternak Domba untuk usaha penggemukkan yang menjanjikan. Usaha penggemukan domba di Indonesia dilakukan dengan cara yang sederhana. Ini sesuai kebiasaan petani maupun peternak domba yang sudah mengakar sejak dahulu kala.

Bisnis usaha penggemukan domba hampir sama dengan kambing. Secara umum, petani maupun peternak domba dalam melakukan usanya dengan membeli cempe atau bibit domba dengan berat berkisar 10 kg. Kemudian dibesarkan hingga ukuran berat badan 20 kg sampai 30 kg untuk dijual. Untuk lamanya bisa memakan waktu 6 bulan sampai 10 bulan tergantung kondisi ternaknya.

Ternak Domba untuk penggemukan
Stok domba UD Soleh

Ternak domba dengan bibit berkualitas

Ternak domba dengan bibit berkualitas yang sudah terjamin. Kami UD Soleh melayani jual – beli bibit atau anakan domba maupun kambing. Untuk sekilonya Rp 40.000 dengan ditimbang berat hidupnya. Anda bisa memilih sendiri domba maupun kambingnya di lokasi kami.

Anda bisa menggemukan domba dengan bibit berkualitas pada 3 cara. Yang pertama dengan sistem penggembalaan di padang rumput yang luas. Kedua dengan cara penggemukan pemberian pakan berupa biji – bijian seperti jagung, kacang – kacangan dan lain – lain. Untuk yang ketiga bisa mengkombinasikan antara pakanan hijau dan biji – bijian.

Untuk menghasilkan ternak domba yang berkualitas, cara yang ketiga merupakan alternatif atau pilihan terbaik. Dengan budidaya pakan hijauan plus pemberian bijian atau kosentrat, sehingga biaya pengeluaran untuk pakan bisa ditekan semaksimal mungkin.

Pakan hijauan berupa rumput kolonjono diberikan pada pagi dan sore hari. Sedangkan pemberiannya setiap hari secara kontinyu sesuai berat badan. Untuk pakan kosentrat atau biji – bijian bisa diberikan seminggu 2 kali atau 3 kali dengan pemberian kuantitas yang sedikit. Takaranya sesuai nafsu makan domba.

Ini kami terapkan dalam ternak domba di tempat kami. Selama dua bulan domba kami pelihara, dengan pakan yang teratur dan seleksi bila mengalami penyakit. Sehingga hasil bibit di tempat kami Insya Alloh menghasilkan bila Anda memeliharanya dengan benar.

Untuk pemberian pakan fermentasi untuk ternak domba, baru sedikit yang kami praktekan. Mengingat mudahnya mencari pakan hijaun untuk domba, pakan fermentasi belum 100% kami terapkan. Rumput kolonjono plus daun hijauan disekitar kami saat ini bisa diandalkan. Anda bisa mempraktekkan pakan domba fermentasi sendiri yang ada di blog ini. demikian sedikit tulisan tentang ternak domba, semoga bermanfaat.

Untuk informasi atau pemesanan bibit kambing atau domba hubungi :

0822 6565 2222 Pak Mudzakir

Satu pemikiran pada “Ternak Domba untuk penggemukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *